//
you're reading...

Renungan Kristen

JAMINAN YANG PASTI (Sabtu, 22 April 2017)

I Korintus 15:12-34

selamat paskah - CopyDalam kehidupan ini manusia membutuhan jaminan dan kepastian. Itulah sebabnya ada banyak orang berupaya menawarkan jaminan kepada manusia. Pada zaman sekarang, orang sudah tidak asing lagi dengan apa yang disebut dengan “asuransi”. Banyak perusahaan asuransi bersaing untuk menawarkan berbagai produk asuransi dan jaminan yang bermanfaat dan menarik. Banyak orang yang tertarik untuk menjadi anggota supaya memiliki jaminan dan rasa aman, ketika mengalami sakit, musibah dan lain sebagainya. Hal itu baik saja. Tetapi, jika kita tanyakan benarkah orang-orang yang ikut asuransi sudah benar-benar merasa aman sepenuhnya? Ternyata tidak, mungkin memberi rasa aman sedikit, paling tidak untuk meringankan beban. Tetapi tidak dapat menjamin sepenuhnya.

Tetapi bersyukur, jaminan bahwa Kristus berkuasa membangkitkan orang mati dan menyelamatkan orang percaya adalah jaminan yang pasti dan dapat dipercaya sepenuhnya karena yang memberi jaminan adalah Sang Penjamin Agung. Sehingga tidak sia-sia kita menaruh percaya kepada-Nya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh Yesus, melalui kebangkitan-Nya yang menandakan Ia berkuasa atas maut dengan demikian Ia berkuasa pula membangkitkan kita dan memberikan kita kehidupan kekal.

Meskipun demikian, kebangkitan sepertinya masih menjadi hal yang sulit untuk diterima dan dipercaya. Tidak hanya di antara jemaat di Korintus ada yang meragukan tentang kebangkitan, kebanyakan orang saat inipun demikian, seakan kebangkitan hanya dipercaya ada di dalam cerita horor. Biasanya orang yang tidak mempercayai adanya kebangkitan dan kehidupan saat ini adalah kesempatan untuk menikmati kehidupan sebebas-bebasnya.

Rasul Paulus menepis keraguan yang ada di antara jemaat Korintus yang meragukan adanya kebangkitan. Paulus menegaskan bahwa jika Kristus tidak dibangkitkan dari antara orang mati, tidak ada gunanya kita menaruh percaya, karena kita masih hidup dalam dosa dan artinya kita tetap dalam kebinasaan. Bahkan sia-sialah segala yang menjadi kesaksian dan pelayanan yang dilakukan. Tetapi sungguh Kristus telah bangkit dan iman kita akan keselamatan seharusnya kita letakkan pada fakta kebenaran firman Tuhan dan bukan berdasarkan perasaan serta keadaan disekitar kita.

@ Pdt.  Debora Gloria Oley,STh,  Pendeta Cares GKE  Bukit Bamba

Discussion

No comments yet.

Post a Comment