//
you're reading...

Renungan Kristen

PENTINGNYA PERANAN ROH KUDUS (Minggu, 23 April 2017)

Kisah Para Rasul 2:14-40

selamat paskah - CopyKisah Para Rasul menceritakan bagaimana umat Tuhan mentaati amanat agung Tuhan Yesus dan mengabarkan injil ke seluruh duania. Lukas menulis kitab ini untuk menceritakan peristiwa yang terjadi ketika Yesus sudah naik ke sorga. Di bagian awal Lukas menulis tentang pelayanan Petrus kepada orang Yahudi.

Roh Kudus yang dijanjikan sudah datang dan memenuhi setiap orang percaya yang berkumpul di Yerusalem pada hari Pentakosta yang disebut sebagai hari “Kelahiran Gereja”. Roh Kudus yang memenuhi kehidupan orang-orang percaya, memberikan keberanian bagi mereka untuk bersaksi. Roh Kudus mampu membuat Petrus mengerti tentang kebenaran Firman Allah dan berani menyampaikan kebenaran firman kepada banyak orang Yahudi dan semua orang yang ada di Yerusalem serta memberi diri dibaptiskan. Banyak di antara mereka berasal dari bangsa-bangsa lain dengan bahasa yang berbeda-beda namun dapat mengerti tentang apa yang disampaikan oleh para rasul.

Melalui firman Tuhan ini kita dapat menyadari betapa pentingnya karya Roh Kudus dalam kehidupan kita dan pelayanan kita. Para nabi dan rasul menulis kita suci berdasarkan pimpinan Roh Kudus maka tanpa pekerjaan Roh Kudus seseorang tidak akan mengerti kebenaran Firman Tuhan. Roh Kudus berkuasa membuat kita percaya kepada Allah dan menginsafkan kita akan dosa kita serta membawa kita kepada pertobatan. Roh Kudus mampu bekerja dalam batin manusia memperbaharui dan memampukan manusia untuk menjadi saksiNya. Banyak orang keliru dan tidak menyadari peranan penting Allah Roh Kudus dan menganggap Roh Kudus lebih rendah dari Peranan Allah Bapa dan Yesus Kristus. Padahal Roh Kudus adalah Roh Allah itu sendiri dan Yesus lahir dari Roh Kudus.

Sudahkan kita menyadari ada kaitan penting antara pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan serta pelayanan kita? Tahukah kita tanpa terhubung dengan Roh Kudus kita tidak mempu menjalani kehidupan  dan pelayanan kita sesuai kehendak Tuhan? Roh Kuduslah yang berkuasa memberikan pertumbuhan di dalam jemaat. Bertumbuh tidak sama dengan bertambah, jemaat yang bertumbuh sudah pasti akan bertambah, tetapi jemaat yang sekedar bertambah belum tentu bertumbuh. Yang manakah kita?

@ Pdt.  Debora Gloria Oley,STh,  Pendeta Cares GKE  Bukit Bamba

Discussion

No comments yet.

Post a Comment