//
you're reading...

Renungan Kristen

YESUS SUDAH BANGKIT !! (Minggu, 16 April 2017)

Matius 28:1-10

selamat paskah - CopySetelah melewati jalan salib yang penuh penderitaan, dan kematian Yesus yg mendukakan seluruh alam semesta; bumi gelap gulita pada pukul 3 siang adalah tandanya. Hari ini duka itu telah diganti dengan sukacita yang luar biasa. Kegelapan telah berganti terang fajar kehidupan. Mengapa? Karena pagi-pagi benar, menjelang fajar menyingsing Yesus telah bangkit. Kuburnya kosong, tubuh-Nya sudah tdk ada lagi?….Siapa saksinya?…

Nas hari ini katakan: ada malaikat Tuhan yang  datang kepada perempuan-perempuan (:5-6). Dan Tuhan yang sendiri mendatangi mereka (:9).

Peristiwa kebangkitan Yesus ini selalu menjadi pembicaraan yang hangat dan kontroversial sampai dengan saat ini. Jika, diikuti beberapa perkembangannya, ada yang mengatakan Yesus tidak sungguh-sungguh bangkit, tetapi tubuh-Nya dicuri oleh murid-murid-Nya dan ini kontroversial yang paling tua dan  yang dicatat oleh Injil (// Mat 28:11-12). Atau dalam sebuah film yang tidak beredar di Indonesia karena sudah dicekal, yakni film James Cameron yg berjudul The Lost Thomb of Jesus. Film ini bercerita bahwa telah ditemukan kubur Yesus, yakni kubur Yesus yg dipindahkan dari kubur milik Yusuf dari Arimatea seperti dicatat oleh Injil ke kubur Talpiot dipinggiran Yerusalem. Karena dikubur itu ditemukan sebuah makam yg bernama Yesus. Tapi, nama Yesus, di Palestina; di zaman Yesus bukan nama yang asing. Biasa digunakan oleh orang, -sama seperti kebanyakan nama orang Indonesia, Budi, Utuh atau  Bahak dan lain-lain. Sehingga  hal itupun disangsikan kebenarannya.

Ya, ada banyak orang menyangsikan kebangkitan Yesus, bahkan ada banyak orang yang tidak mempercayainya. Murid-murid-Nya saja ada yang tidak percaya. Thomas misalnya (//Yoh 20:24 dst).. Tetapi, bagaimana dengan kita? Yakinkah saudara jika Yesus sudah bangkit?…..atau hanya ngikut apa kata orang, apa kata pendeta?……adakah kita juga  mengimani  dan  mengalami  kebangkitan itu Tuhan Yesus?

Mengalami?…apa kita harus hadir bersama perempuan-perempuan yang menjadi saksi pertama dalam kebangkitan Yesus? Tentu tidak mungkin, karena itu telah terjadi lebih dari 2000 tahun yang lampau. Tapi, kita masih mungkin mengalaminya, jika kita mengimaninya. Untuk mengalami kebangkitan Yesus kita harus mengimaninya. Iman dan keyakinan itulah yang membuat kita mengalami peristiwa yg luar biasa bersama Yesus yang sudah bangkit.

Jika Yesus tidak bangkit, mungkinkah kita mengalami setiap peristiwa hidup yang luar biasa?….mungkinkah orang mati menolong kita yang hidup?….menyembuhkan kita ketika kita sakit, mengangkat kita ketika kita jatuh, membawa sukacita ketika kita berduka, melawat kita ketika kita berbeban berat, membasuh luka jiwa kita ketika kita hampa…dan banyak hal yg Dia lakukan buat kita. Hal ini menjadi bukti bahwa Dia sudah bangkit. Kita tak perlu bukti seperti yang diminta Thomas, kita juga tak perlu bukti seperti yang dicari orang pintar zaman ini. Tapi, bukan berarti kita juga menelan mentah begitu saja dan tidak mau tahu apa perkembangan dunia. Biarlah semua itu menjadi bagian yang semakin menguatkan iman kita, sehingga kita semakin mengalami kebangkitan Yesus dalam hidup kita. Maka, saudaraku…saatnya kita mendengar pesan Yesus pada ayat terakhir   (ayat 10). Mari kita menjadi saksi kebangkitan-Nya dan berseru kitalah umat pemenang. .Amen.

@ Pdt.  Bessy Breinsizkarowe,MTh,  Pendeta Resort GKE Palangka Raya  Hilir

Discussion

No comments yet.

Post a Comment